Jasa Transfer Pricing Jakarta

Jasa Transfer Pricing Jakarta

Startax | Jasa Transfer Pricing Jakarta, Konsultan Transfer Pricing Jakarta

Lebih dari 60% nilai perdagangan nasional maupun internasional dihasilkan dari transaksi yang berkaitan dengan perusahaan multinasional. Transaksi ini dilakukan dengan menggunakan skema transfer pricing. Kebanyakan skema yag dipiih untuk diterapkan oleh perusahaan multinasional dalam praktik transfer pricing adalah dengan cara mengalihkan laba mereka dari negara yang tarif pajaknya tinggi ke tarif pajak yang lebih rendah. Lalu apa itu sebenarnya transfer pricing???.

Transfer pricing adalah suatu kebijakan yang diatur oleh perusahaan untuk menetapkan harga transfer dari suatu transaksi, baik harga atas barang, jasa, harta tak berwujud, ataupun transaksi finansial yang dilakukan oleh perusahaan. Transfer pricing bisa juga diartikan sebagai besaran harga yang dibebankan satuan usaha individu pada perseroan multi satua atas transaksi yang terjadi diantara kedua belah pihak.

Mengenai transfer pricing tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 213/PMK.03/2016 tentang jenis dokumen dan/atau Informasi Tambahan yang Wajib Disimpan oleh Wajib yang MelakukanTransakaksi dengan Para Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa, dan Tata Cara Pengelolanya.

Tujuan Penerapan Transfer Pricing

Ada 7 hal yang menjadi tujuan dari transaksi ini, diantaranya adalah:

  1. Pengoptimalkan atas penghasilan global setelah dipotong pajak.
  2. Evaluasi kinerja cabang perusahaan mancanegara.
  3. Mengupayalan kemanan posisi kompetitif.
  4. Mengurangi resiko keuangan.
  5. Mengatur arus kas pada cabang perusahaan.
  6. Mengurangi arus kas pada cabang perusahaan.
  7. Mengurangi resiko pengambilan pemerintah.
  8. Mengurangi beban tanggungan pajak dan bea masuk.

Metode Transfer Pricing

Beberapa metode transfer pricing yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan konglomerasi dan divionalisasi atau depertement yaitu:

  1. Harga Transfer Dasar Biaya (Cost-Based Transfer Pricing)

Perusahaan yang menggunakan metode transfer atas dasar biaya menetapkan harga transfer atas biaya variabel dan tetap yang bisa dalam 3 pemilihan bentuk yaitu: biaya penuh (full cost), biaya penuh ditambah mark-up (full cost plus mark-up) dan gabungan antara biaya variabel dan tetap (variable cost plus fixed fee).

  • Harga Transfer atas Dasar Harga Pasar (Market Basis Transfer Pricing)

Apabila ada suatu pasar yang sempurna, metode transfer pricing atas dasar harga pasar inilah yang merupakan ukuran yang  paling memadai karena sifatnya yang independen. Namun keterbatasan informasi pasar yang terkadang menjadi kendala dalam menggunakan transfer pricing yang berdasarkan pasar.

  • Harga Transfer Negosiasi (Negotiated Transfer Prices)

Dalam ketiadaan harga, beberapa perusahaan memperkenalkan divisi-divisi dalam perusahaan yang berkepntingan dengan transfer pricing untuk mengesiasikan harga transfer yang diinginkan. Harga transfer negosiasi mencerminkan prespektifkontrolabilitas yang  inhern dalam pusat-pusat pertanggungjawaban karena setiap divisi yang berkepentingan tersebut pada akhirnya yang akan bertanggungjawab atas harga transfer yang dinegosiasikan.

Jenis-Jenis Transfer Pricing

Transfer pricing dapat dilakukan pada suatu perusahaan dalam lingkup suatu negara, maupun dengan negara yang berbeda. Berdasarkan pihak yang terlibat di dalamnya, transaksi ini dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Intercompany Transfer Pricing

Transaksi yang terjadi antara dua perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa.

  • Intracompany Transfer Pricing

Transaksi yang terjadi antar divisi dalam suatu perusahaan.

Transfer Pricing Adalah | Metode dan Contoh | TP Doc |

Aspek Transfer Pricing

Transfer pricing meliputi beberapa aspek, diantaranya:

  1. Harta Berwujud

Harta berwujud merujuk pada semua aset fisik bisnis yang dapat meliputi seperti persediaan (bahan mentah, barang setengah jadi & barang jadi), serta barang dagangan lainnya, mesin & peralatan, inventaris, tanah & bangunan, barang modal  bidang keperluan usaha lainnya.

  • Harta Tidak Berwujud

Harta tak berwujud dari asppek transfer pricing dibedakan antara manufacturing intangibles (yang timbul karena pabrik atau upaya penelitian dan pengembangan oleh produsen) dan yang berasal dari upaya pemasaran, distribusi dan jasa purna jual.

  • Penyerahan Jasa

Dari aspek harga transfer, penyerahan jasa kepada pihak yang mempunyai hubungan istimewa dapat berkisar dari yang sederhana, seperti jasa rutin akuntansi dan legal, jasa teknis antar perusahaan hingga pengiriman karyawan.

Jasa Transfer Pricing Jakarta, Solusi Mengatasi Masalah Anda

Jasa Transfer Pricing Jakarta termasuk strategi penyusunan TP Doc, ini dimaksudkan untuk membantu klien dalam berurusan dengan Transfer Pricing. Kami memberikan masukan dokumen dan strategi yang diperlukan untuk mencegah kerugian dari transaksi pihak terkait dan skenario transfer pricing.

Sebelumnya Anda perlu mengetahui kenapa wajib memilih kami, akan kami jelaskan keungulan jasa yang kami miliki.

  1. Memiliki Team Profesional yang Berpengalaman

Kami memiliki team yang sangat professional dan ahli dalam bidangnya. Tim kami juga mampu bekerja dengan cepat. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung operasional perusahaan agar dapat menjadi partner sesuai yang diharapkan. Tentunya tim kami juga sudah sangat berpengalaman dalam menagani transfer pricing Hal ini dikarenakan ditangani oleh tenaga profesional dan sudah berpengalaman.

  • Berpengalaman

Kami sudah sangat lama terjun dalam dunia transfer pricing. Berbagai macam pekerjaan mengenai transfer pricing sudah pernah kami kerjakan dengan hasil yang sangat memuaskan. Seringnya mengerjakan transfer pricing untuk beberapa perusahaan, selalu kami jadikan bahan evaluasi untuk memperbaiki layanan yang kurang maksimal. Banyak pengusaha lokal yang sudah menggunakan jasa kami dalam hal transfer pricing. Semua klien kami merasa senang dan tidak menimbulkan komplain.

Anda sudah dapat membayangkan bukan jika menggunakan jasa kami, proses transfer pricing akan berjalan dengan baik dan selalu menggunakan standar yang berlaku dalam pengerjaanya. Untuk Anda yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya dan membutuhkan Jasa Transfer Pricing Jakarta, dapat menghubungi pada tim kami untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Terimakasih

Baca Juga : Transfer Pricing Harus Dicermati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *