Harga Kalibrasi Injektor Commonrail

Harga Kalibrasi Injektor Commonrail

Sudah Pakai Injektor, Hino Bedah Sistem Common Rail Efisien

Injektor commonrail merupakan elemen penting dalam mesin mobil. Injektor memiliki peran yang besar dalam menghasilkan tenaga untuk mobil. Injektor memiliki peran besar dalam konversi bahan bakar menjadi energi yang tentu saja sangat penting bagi para pengguna mobil. Injektor memiliki fungsi yang begitu vital sehingga jika mobil mogok atau kurang cepat panas mesinnya, maka bisa ditebak masalahnya ada di bagian injektornya.

Injektor berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke dalam ruang bakar mobil sehingga energi yang tersimpan di dalam bahan bakar bisa diubah menjadi energi gerak untuk mobil. Injektor dilengkapi dengan lubang inlet dan outlet yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki penyimpanan bahan bakar ke ruang pembakaran mobil. Injektor juga dilengkapi dengan pompa bahan bakar yang bisa mengatur tekanan outlet bahan bakar ke ruang bakar.

Tekanan yang dihasilkan oleh injektor sangat penting karena berpengaruh terhadap konversi energi yang dihasilkan. Tekanan yang rendah tentu saja membuat jumlah bahan bakar yang disalurkan menjadi lebih sedikit. Tekanan yang terlalu tinggi tentu juga tidak baik karena bisa merusak bagian-bagian lain di sekitar injektor. Karena itu, sangat penting untuk setting injektor agar berada di tekanan optimal sehingga bisa bekerja dengan baik dan sesuai dengan standar.

Kerak di Dinding Injektor

Kalibrasi injektor menjadi salah satu komponen penting di dalam servis mobil yang bisa mendeteksi masalah di injektor. Kalibrasi injektor berfungsi untuk melihat masalah di dalam injektor dan menyelesaikan masalah tersebut dengan tepat. Kadang ada masalah tertentu di injektor yang membutuhkan penanganan berbeda sehingga bisa dibilang, masalah di injektor bisa selesai dengan cara yang berbeda tergantung masalahnya.

Contoh. Jika masalah di injektor ada di kerak atau scalling yang ada di dinding injektor, hal ini bisa dipecahkan dengan membersihkan dinding injektor. Membersihkan dinding injektor juga tidak boleh sembarangan. Membersihkan dinding injektor harus dilakukan oleh ahlinya sehingga meminimalkan resiko dan bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih bagus. Membersihkan dinding injektor bisa dengan menggunakan metode ultrasonic yakni dengan menggunakan aliran listrik untuk memecah scalling yang ada di dinding injektor sehingga jika sudah pecah, bisa lebih mudah dibersihkan dengan manual.

Mengapa scalling ini berbahaya untuk injektor? Scalling atau kerak sebenarnya adalah akumulasi dari kotoran-kotoran yang masih terkandung di dalam bahan bakar seperti timbal, magnesium, dan lain-lain. Kotoran-kotoran ini sebenarnya kadarnya sudah sangat sedikit di dalam bahan bakar sehingga sudah memenuhi standar bahan bakar. Namun, jika jumlah yang sedikit itu terakumulasi selama 1-2 tahun, tentu akan menjadi masalah bagi injektor.

Segini Biaya Servis Perbaikan Injektor Mesin Diesel Di Dutama Diesel |  Gridoto | LINE TODAY

Untuk menggunakan kalibrasi injektor ini, Anda cukup mengeluarkan biaya sebanyak 400-500 ribu saja. Anda sudah bisa mendapatkan perawatan injektor mobil Anda. Namun, harga ini belum termasuk suku cadang jika memang harus ganti suku cadang. Biasanya untuk injektor, jika ada satu komponen injektor yang rusak atau terganggu dan butuh diganti, maka semua bagian injektor juga harus diganti karena ditakutkan terjadi perbedaan performa jika menggunakan spare part yang berbeda.

Kalibrasi injektor biasanya melihat masalah injektor dari jumlah bahan bakar yang dikeluarkan injektor. Injektor memiliki beberapa lubang outlet bahan bakar sehingga bisa dilihat perbandingan volume injektor yang dihasilkan dari masing-masing outlet injektor. Jika ada perbedaan yang cukup siginiifikan, maka bisa dipastikan, injektor tersebut mengalami masalah. Jika masalah itu cukup diselesaikan dengan membersihkan diding injektor, maka injektor tersebut tidak perlu diganti. Namun jika ada bagian-bagian yang rusak dan butuh diganti, maka injektor harus diganti semuanya.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil Diesel Awet dan Makin Bandel

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *