Memasukkan Kode Google Search Console ke Web WordPress

Mengenal Google Search Console dan WordPress

Memasukkan kode Google Search Console ke web WordPress adalah langkah penting agar proses indexing Google terhadap web kita lebih cepat. Google Search Console (GSC) bisa mendeteksi bagaimana performa web kita yang sudah terhubung dengan web WordPress kita sehingga kita bisa melihat bagus atau jeleknya performa web kita.

Jika teman-teman belum tahu Google Search Console (GSC), teman-teman bisa klik link Google Search Console. Setelah itu, teman-teman harus mendaftarkan web yang sudah dibuat ke Google melalui fitur GSC ini. Sehingga, web teman-teman lebih mudah naik peringkatnya di halaman pencarian Google.

Berikut langkah-langkah memasukkan kode Google Search Console ke Web WordPress :

1. Klik “Add Property” Pada Google Search Console

Klik “Add Property” di Bagian Bawah

Seteleh membuka GSC, pastikan teman-teman menemukan tulisan “Add Property” dengan menekan tombol garis 3 di kiri atas terlebih dahulu. Klik “Add Property” untuk menambahkan alamat web teman-teman.

2. Masukkan Domain Web WordPress

Masukkan Domain Web Teman-Teman

Masukkan alamat domain web teman-teman di kolom URL Prefix. Pastikan menggunakan “https” di depannya. Setelah dimasukkan, klik Continue.

3. Memasukkan Kode Google Search Console ke Web WordPress

Copy Kode GSC ke Plugin Yoast di Web WordPress

Jika sudah, pasti teman-teman akan ketemu kotak seperti ini. Pilih yang HTML Tag dan perhatikan ada kode khusus di lingkaran merah di atas. Klik Copy untuk meng-copy kode Google Search Console tersebut dan masukkan ke dalam web WordPress teman-teman.

Perlu diketahui, teman-teman harus install terlebih dahulu plugin di WordPress bernama Yoast SEO. Karena kita akan memasukkan kode Google Search Console melalui Yoast SEO

Masuk ke Plugin Yoast SEO di Web WordPress

Pluin Yoast yang sudah terpasang akan ditulis “SEO” seperti di lingkaran merah di atas. Klik tombol SEO tersebut, lalu pilih “General”. Lalu, pilih menu “Webmaster Tools”, lalu masukkan kode Google Search Console tadi di kotak “Google Verification Code”. Jangan salah memasukkan di kotak yang lain karena kita akan mengindeks web tersebut di Google

Masukkan Kode Google Search Console ke Kotak Google Verification Code

Jika sudah dimasukkan seperti gambar di atas, klik “Save Changes”. Setelah itu, kembali ke Google Search Console. Klik tombol “Verify” yang berada di bawah kode HTML Tag yang tadi dicopy teman-teman. Jika berhasil, maka akan muncul gambar seperti ini yang menandakan web teman-teman sudah berhasil terhubung dengan Google Search Console

Web WordPress dan Google Search Console Sudah Terhubung

Dengan muncul gambar di atas, web teman-teman resmi terhubung dengan Google Search Console. Selamat dan semoga performa web kamu bagus ya. Sukses selalu !!

Baca Juga : Lacak Nomor HP Dengan Mudah

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *