Fungsi Kalibrasi Injektor Commonrail

Fungsi Kalibrasi Injektor Commonrail

Injektor commonrail menjadi sebuah komponen mobil yang sangat menentukan kinerja mobil. Jika injektor bekerja dengan baik, maka mobil hampir bisa dipastikan akan berjalan dengan baik. Jika injektor bekerja kurang baik, maka kinerja mobil pada umumnya tidak akan baik karena mobil bisa menjadi mogok atau mesin mobil sering mati tanpa sebab. Bahkan, jika dibiarkan terus menerus, bisa membua Anda harus mengganti mesin alias turun mesin mobil.

Injektor bahan bakar menjadi salah satu komponen penting di dalam mobil. Injektor menjadi alat yang menyemburkan bahan bakar menuju ruang pembakaran yang menghasilkan tenaga untuk mobil. Injektor menyemburkan bahan bakar yang sesuai dengan karakter mesinnya baik dengan bahan bakar bensin atau solar. Injektor sangat menentukan kinerja mesin yang berefek kepada kinerja mobil.

Sudah terbayang berapa harga turun mesin mobil?

Injektor yang baik akan mampu menyemburkan bahan bakar dengan baik, baik dari sisi jumlah dan tekanan outlet bahan bakarnya. Injektor yang baik ditandai dengan tidak adanya kerak yang menempel di dinding injektor yang bisa mengurangi debit bahan bakarnya yang akan disemburkan. Injektor yang baik juga ditandai dengan jumlah volume dan tekanan outlet injektor yang sesuai dengan standar sehingga bahan bakar yang dibakar bisa menghasilkan energi seperti yang diharapkan.

Injektor yang kurang baik ditandai dengan adanya kerak yang ada di dinding injektor sehingga membuat tekanan injektor berkurang dan volume bahan bakar yang disemburkan injektor di bawah standard. Injektor yang kurang baik juga ditandai dengan memburuknya kinerja mesin mobil misal sering mogok atau sering nyandet sendiri. Mesin mobil yang memiliki gejala seperti itu sudah seharusnya diperbaiki dari sisi injektornya karena injektornya pasti bermasalah sehingga membuat mesin mobil tersebut bermasalah.

Kerak yang timbul di dalam injektor bisa berasal dari 2 sumber, yakni dari bahan bakar yang dipakai mengandung kotoran dan kondisi lingkungan tempat pengisian bahan bakar Anda atau SPBU. Kedua faktor ini sangat mempengaruhi kinerja injektor karena keduanya sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas semburan bahan bakar yang ada di dalam mesin.

Bahan bakar yang mengandung kotoran seperti parafin, timbal, belerang dan lain-lain tentu sangat jelek efeknya bagi mobil. Kotoran-kotoran tersebut membuat mobil kita sering mogok karena kotoran tersebut larut di dalam bahan bakar dan ikut disemburkan ke ruang pembakaran ketika disemburkan. Jika ada yang menempel di dinding injektor, dalam waktu lama akan menimbulkan gumpalan padatan atau kerak yang mengurangi luas area injektor sehingga memperngaruhi kualitas dan kuantitas semburan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil Diesel Biar Awet dan Makin Bandel

Kondisi lingkungan juga penting bagi para pengguna mobil. SPBU yang banyak debu berterbangan di area SPBU, apalagi sampai masuk tangki penyimpanan bahan bakar, sangat mempengaruhi kinerja mobil. Padatan seperti debu jika dibiarkan lama kelamaaan di dalam injektor mobil tentu mampu menyumbat aliran bahan bakar di injektor sehingga membuatnya sangat sulit untuk menyemburkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Sehingga, penting sekali untuk melihat kedua faktor ini agar tidak merugikan Anda.

Oleh karena itu, fungsi utama kalibrasi injektor commonrail adalah menjaga kualitas dan kuantitas semprotan bahan bakar ke ruang bakar agar sesuai standar. Fungsi utama kalibrasi injektor ini menjadi tujuan utama dari pembersihan dan kalibrasi injektor yang dilakukan. Dengan menjagas kualitas dan kuantitas bahan bakar yang masuk ruang pembakarab, kinerja mobil menjadi sangat bagus dan tentu saja menguntungkan Anda sebagai pengguna mobil.

Kalibrasi injektor commonrail berarti mengembalikan tekanan outlet bahan bakar sesuai dengan standar. Dengan berbagai kotoran yang ada di bahan bakar, sangat mungkin kotoran itu menimbulkan kerak di dalam injektor. Hal ini harus dihindari dan bisa dilakukan kalibrasi injektor agar injektor mampu bekerja sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh pabrikan mobil agar mobil tetap bisa bekerja dengan baik.

Kalibrasi injektor commonrail juga berfungsi menyamakan tekanan di dalam masing-masing injektor agar memiliki tekanan yang sama sehingga kuantitas bahan bakar yang disemprotkan bagus dan sesuai dengan standard. Kalibrasi injektor mampu membuat tekanan di masing-masing injektor dengan mengujinya di gelas ukura dalam durasi waktu tertentu yang sama untuk mengukur volume bahan bakar yang berhasil disemprotkan dalam waktu yang ditentukan.

Perbedaan volume bahan bakar yang disemprotkan di masing-masing injektor menandakan adanya masalah yang sedang terjadi di injektor. Hal in menunjukkan bahwa ada beberapa injektor yang tidak bekerja dengan baik sehingga perlu dilakukan perbaikan. Dengan ketemunya masalah di injektor tertentu, kita bisa melihat penyebab dari masalah injektor tersebut dan menyelesaikannya dengan baik dan tepat sasaran.

Jika Anda ingin memeriksakan mobil Anda dan ingin melakuakan kalibrasi injektor, Anda bisa menghubungi kami. Kami dari Bengkel Anugera Prima Motor Klaten siap melayani kalibrasi injektor commonrail mesin mobil Anda dan servis mobil Anda. Jika inigin menghubungi kami, Anda bisa hubungi kami di nomor di bawah ini:

Baca Juga : Sudah Pakai Injektor, Hino Bedah Sistem Common Rail Efisien

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *