Belajar SQL: Tips untuk Kamu Si Pemula

belajar sql untuk memanipulasi data dalam database

Belajar SQL tidak harus untuk orang-orang dengan latar belakang IT. Tahukah kamu bahwa SQL merupakan bahasa pemrograman yang wajib banget kamu pelajari jika tertarik berkarir di bidang data. Lalu, apa itu SQL? SQL atau Structure Query Language adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk melihat, mengedit dan manipulasi data dalam sebuah database management system (DBMS).

Mengapa Perlu Belajar SQL?

  1. SQL Dibutuhkan Banyak Perusahaan

Skill SQL sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Jika kamu melihat pada situs pencari kerja, skill SQL merupakan skill yang selalu ada pada setiap lowongan kerja. Jadi, wajib buat kamu yang ingin berkarir pada bidang data untuk mulai belajar mengenai SQL.

  1. Potensi Mendapat Gaji Tinggi

Berdasarkan riset data EKRUT pada tahun 2018 untuk profesi Data Analyst, kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp18.000.000,00 jika kamu memiliki pengalaman 2 sampai 5 tahun. Dan jika pengalaman yang kamu miliki lebih dari 5 tahun, kamu berpotensi mendapatkan gaji lebih besar, sekitar Rp19.000.000,00. Angka yang fantastis bukan?

  1. SQL Mudah Dipelajari

Jika kamu terbiasa menggunakan bahasa inggris, kamu pasti dapat memahami SQL dengan lebih mudah. Contohnya, jika kamu ingin membuat tabel dengan nama sekolah maka kamu dapat membuat kode sebagai berikut :

CREATE TABLE Sekolah;

Jika kamu perhatikan kode di atas, kode tersebut menggunakan kata CREATE dan TABLE untuk membuat tabel sederhana.

Profesi yang Membutuhkan Skill SQL

  1. Data Scientist

Data Scientist adalah orang yang bekerja dengan menggunakan data dalam jumlah besar atau tertentu untuk memahami dan mengekstrak pengetahuan serta wawasan dari data yang ada, dan membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik.

BACA JUGA : Inilah Rute Lengkap Transjakarta Terintegrasi di Jakarta dan Kota Penyangga

  1. Data Engineer

Data Engineer adalah seseorang yang bekerja untuk mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data serta memonitor infrastrukturnya. Profesi ini juga bertugas untuk membuat data pipeline yang menghubungkan data dari satu sistem ke sistem lainnya.

  1. Data Analyst

Seorang Data Analyst bertugas untuk mengumpulkan, mengatur, memproses, dan melakukan analisis statistik pada kumpulan data. Data Analyst juga bertujuan untuk menemukan bagaimana data dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah yang ada.

  1. Database Administrator

Database administrator bertugas untuk membantu merancang dan memelihara sistem database. Mereka memastikan bahwa sistem database berfungsi dengan mulus untuk semua pengguna dalam suatu organisasi. Database Administrator juga memastikan bahwa pembaruan tidak mengganggu alur kerja dan informasi yang bersifat sensitif tetap aman.

Tips Belajar SQL untuk Pemula

Yuk, lihat tips belajar SQL untuk kamu si pemula!

  1. Tentukan tujuan belajar SQL

Sebelum kamu terjun ke dunia SQL, ada baiknya kamu pikirkan tujuan mengapa kamu harus mempelajari dan memahami SQL. Apakah kamu ingin mendapat pekerjaan di bidang data seperti data scientist, data analyst, atau data engineer? Atau kamu ingin mendapatkan gaji tinggi? Jika kamu sudah menemukannya, tunggu apa lagi? Yuk, belajar SQL!

  1. Pelajari sintaks dasar SQL

Penting sekali untuk kamu memahami bagaimana SQL bekerja, kamu bisa mulai dengan mempelajari sintaks dasar. Sebagai contoh, salah satu sintaks dasar dalam SQL adalah, CREATE TABLE untuk membuat tabel baru, SELECT untuk memilih data dalam database.

  1. Ikuti kursus online SQL

Cara terbaik untuk mempelajari SQL adalah dengan kursus langsung yang memperkenalkan dan menjelaskan  konsep inti dan membuat kamu terbiasa menggunakan kode SQL.

  1. Mulailah berlatih dengan data nyata

Langkah terbaik lainnya untuk menguasai SQL adalah dengan berlatih dengan data riil atau nyata. Kamu dapat mencari data pada situs penyedia open source data seperti Kaggle.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *